Selasa, 16 Oktober 2012

Kemampuan Motorik Kasar pada Anak






                    Setelah kita tau tentang Motorik Halus pada Anak, nah...sekarang kita cari info yuk tentang Motorik Kasar. Motorik Kasar lebih luas lagi mengkombinasikan gerakan kaki dan tangan.

Beberapa tahapan perkembangan motorik kasar si kecil : merangkak, berjalan, memanjat, melompat, berlari.

Lalu bagaimana caranya agar motorik kasar anak berkembang pesat ? Rajin-rajinlah bunda memberi stimulus agar anak bebas beraktivitas. Dampingi buah hati ketika bergerak bebas namun jangan bersikap over protective.

Merangkak
Gerakan ini biasanya mulai dilakukan bayi ketika berusia 7 bulan ke atas. Namun tidak semua bayi melewati fase ini. Gerakan merangkak memperkuat tulang belakang.

Berjalan
Banyak orang tua berharap harap cemas ketika menginjak usia 12 bulan, bayi belum juga menunjukkan kemampuan berjalan. Jangan panik bunda, terus latihlah si kecil dengan menuntunnya, merambat di dinding, dll. Periksakan ke klinik tumbuh kembang jika usia 18 bulan, bayi belum menunjukkan kemampuan berjalan.

Kemampuan motorik kasar lain yang perlu dikembangkan adalah memanjat, melompat , naik turun tangga, dll.

Memang di usia ini sangat melelahkan untuk bunda, tapi hasilnya kelak akan sangat berpengaruh bagi perkembangan buah hati anda. Berikan ruang gerak yang bebas, namun tetap utamakan keselamatan si kecil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar